PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS V

Rahadyan Mariske Agnes

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS menggunakan metode mind mapping di SD Negeri Kaliajir Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Kaliajir Sleman yang berjumlah 29 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal persentase rerata tiap jenis aktivitas siswa mencapai ≥ 75% kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswa setelah menggunakan metode mind mapping yaitu peningkatan persentase rerata aktivitas oral mencapai 55% (baik) pada siklus  I menjadi 78% (sangat baik) pada siklus II, aktivitas visual mencapai 63% (baik) pada siklus I menjadi 84% (sangat baik) pada siklus II, aktivitas mendengarkan mencapai 67% (baik) pada siklus I menjadi 84% (sangat baik) pada siklus II, aktivitas menulis mencapai 67% (baik) pada siklus I menjadi 92% (sangat baik), dan aktivitas menggambar mencapai 64% (baik) pada siklus I menjadi 85% (sangat baik) pada siklus II.

Kata kunci: keaktifan siswa, metode mind mapping


Abstract

This research aims to improve  the students activities class V on social studies used mind mapping method in SD Negeri Kaliajir Sleman. The type of this research was a Classroom Action Research, with 29 students of SD Negeri Kaliajir Sleman as the subject of the research. The research design was adapted from Kemmis and Mc Taggart models. This research was conducted in two cycles. The data were collected through observation and documentation. The technique of the research were quantitative and qualitative description. The indicator of research was the minimum percentage of the average in every students activities reached ≥75% with very good category. The result of the research showed that there was a raising students activities after used  mind mapping method in which the improving of oral activities that reached 55 % (good) in cycle I and improved to 78 % (very good) in cycle II, visual activities that reached 63 % (good) in cycle I and improved to 84 % (very good) in cycle II, listening activities that reached 67 % (good) in cycle I and improved to 84 % (very good) in cycle II, writing activities that reached 67 % (good) in cycle I and improved to 92 % (very good) in cycle II, and drawing activities that reached 64 % (good) in cycle I and improved to 85 % (very good) in cycle II. 

Keywords: students activities, mind mapping method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.