PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS

Umitania Nurma Shinta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode struktur analisis sintesis pada siswa kelas I A SD Negeri Sinduadi 1. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Robin Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II guru menerapkan metode struktur analisis sintesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan pembelajaran membaca permulaan melalui metode struktur analisis sintesis dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1. Peningkatan hasil tes kemampuan membaca permulaan sebesar 51,43% (pratindakan 40%, siklus II 91,43%).

Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, metode struktur analisis sintesis


Abstract

This research aims at improving the initial reading skill of student of I A class SD Negeri Sinduadi 1 through synthesis analysis structure method. The research is a Classroom Action Research. The research design used Kemmis and Robin Mc Taggart model. The subjects were the first graders. Thirty five students were involved as the subjects. The instruments used early reading skill tests and field notes. The data analysis used quantitative and qualitative descriptive. The teacher apllies synthesis analysis structure in the first and second learning process. The result of this research shows that using synthesis analysis structure method can improve the initial reading ability for 1st graders students. The increase ofreading test was 51,43% (pre-test 40%, 2nd cycle 91,43%).

Keyword: reading ability skills, reading ability through synthesis analysis structure method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.