LAYANAN PEMBELAJARAN SISWA TUNADAKSA DI KELAS V SD NEGERI GUNUNGDANI PENGASIH KULON PROGO

Romi Indriana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan pembelajaran siswa tunadaksa di kelas V SD Negeri Gunungdani Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas V SD Negeri Gunungdani. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memberikan layanan pembelajaran kepada siswa tunadaksa sebagai berikut: 1)membangkitkan motivasi dengan serta penataan tempat duduk siswa; 2)memberikan perhatian dengan menyiapkan siswa sebelum belajar, melibatkan siswa dalam seluruh kegiatan pembelajaran, serta menggunakan metode dan media yang melibatkan siswa tunadaksa; 3)mengulang kembali materi pembelajaran menggunakan bahasa sehari-hari; 4)memberikan pekerjaan rumah serta perintah untuk menerapkan pengetahuan di sekolah dalam kehidupan siswa; 5)meningkatkan respon siswa dengan memberikan pertanyaan secara individu terkait dengan pemahaman siswa terhadap materi ajar; 6)memberikan reward lisan, tepuk tangan, dan nasihat.

Kata kunci: layanan pembelajaran, siswa tunadaksa


Abstract

This research describes about the learning acomodation of student with physical disability in class V Gunungdani Elementary School Pengasih Kulon Progo. This research uses qualitative approach with descriptive type. The subject of the research was the teacher of grade 5th SDGunungdani. Techniques of data collection were using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used technique triangulation and source triangulation. The result show that learning acomodation for disabled student in the form of: 1)generating motivation by organizing learning environment; 2)giving attention by reparing student before learning, using methods and media that involves student with physical disability; 3)recreating and providing questions about learning material before using language daily; 4)providing homework and an order to apply knowledge schools in daily lives; 5)responding to the students with questions; 6)giving rewards, applause, and advises.

Keywords: learning acomodation, student with physical disability


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.