PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS GILANGHARJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

Saverina Dewi Aruni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari peran orang tua dan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada kelas V SD se-Gugus Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta pada tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 198 siswa kemudian diambil sampel berjumlah 133 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa dengan 2,315>1,978, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari peran sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan 4,061>1,9781 dan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari peran orang tua dan sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar. Hasil dari F hitung (15,167) >F tabel (2,67) dan tingkat signifikansi 0,000 atau kurang dari 0,05 dengan sumbangan pengaruh sebesar 17,7%. Hasil koefisien regresi bernilai positif yang menyatakkan bahwa semakin tinggi nilai peran orang tua dan peran sekolah maka semakin tinggi pula nilai motivasi belajar siswa.

Kata Kunci : Peran orang tua, sekolah, dan motivasi belajar


Abstract

This study aims to find out the effects of parents and schools’ roles on the learning motivation of Grade V students of elementary schools in Gilangharjo Cluster, Pandak, Bantul, Yogyakarla, in the 2017/2018 academic year. The research population a total of 198 students and the sample consisted of 133 students. The sampling technique was the proportional random sampling technique. The instrument was a psychological scale. The results of the study are as follows. There is a significant positive effect of parents’ role on students’ learning motivation with 2.315 > 1.978, there is a significant positive effect of schools’ role on students’ learning motivation with 4.061 > 1.978, and there is a significant positive effect of parents and schools’ roles simultaneously on the learning motivation. The results show F observed (15.157) > F table (2.67) and a significance value of 0.000 or less than 0.05 with the contribution of the effect of 17.7%. The positive regression coefficient indicates that the higher the parents  and schools’ roles are, the higher the students’ learning motivation will be. 

Keywords: parents and schools’ roles, learning motivation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.