IMPLEMENTASI KURIKULUM HUMANIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD KANISIUS MANGUNAN

Anita Wibawanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum humanis dalam proses pembelajaran di SD Kanisius Mangunan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, serta siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Uji keabsahan data meliputi uji kredibilitas untuk menguji validitas data dan uji dependabilitas untuk menguji reliabilitas data. Uji kredibilitas menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan uji dependabilitas menggunakan jenis diachronic reliability dengan teknik catatan lapangan dan transkrip wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum humanis di SD Kanisius Mangunan mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan 1)menetapkan visi, misi dan tujuan pendidikan sekolah yang diarahkan untuk membentuk pribadi siswa agar memiliki jiwa eksploratif, kreatif dan integral, dan 2) memodifikasi kurikulum KTSP dengan prinsip tematik integratif untuk semua tingkatan kelas.. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan 1)penggunaan sintaks yang khas berupa  eksplorasi, penemuan (invention) dan penerapan (application), 2)mengembangkan enam nilai karakter khas yang dinternalisasikan melalui pembiasaan dalam, kesepakatan kelas  dan ditindaklanjuti dengan diskusi kelas dan lembar refleksi,  3)menggunakan strategi dan metode yang beragama dengan tiga prinsip mengaktifkan siswa, kontekstual dan menyenangkan, 4)penggunaan media yang mendukung siswa untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan eksplorasi dan 5)peran guru sebagai fasilitator sekaligus keluarga bagi siswa serta dikembangkannya pola asuh ajrih-asih dan home visit. Penilaian pembelajaran dilakukan dengan 1)berbasis penilaian proses, dan 2)menilai keseluruhan aspek/ranah perkembangan siswa dengan berbagai macam bentuk penilaian serta instrumen penilaian.

Kata kunci: Implementasi Kurikulum Humanis, Proses Pembelajaran


Abstract

This research aims to describe the implementation of humanist curriculum in learning process of Kanisius Mangunan Elementary School. This research used descriptive qualitative method. The subjects of this research were the principals, teachers, and students. The technic of data collection in this research were observation, interview, and documentation. The data analysis techniques used Miles & Huberman’s model. The validity test used credibility test to check data validity and dependability test to check data reliability. The credibility test used source triangulation and technique triangulation while the dependability test used diachronic reliability with fieldnotes and interview trancripts. The results show that the implementation of humanist curriculum in Kanisus Mangunan Elementary School includes planning, implementation and assessment. Learning planning is done by 1) establishing the vision, mission and education goals that are directed to form student’s character who have explorative, creative and integral spirit, and 2) modify the curriculum of KTSP with integrative thematic principles to provide a comprehensive and integrated learning experience. Implementation of learning is done by 1)use the typical syntax in the form of exploration, invention and application, 2) develops six typical character values that are internalized through habituation in school learning, classroom agreements and followed up in class discussions and reflection sheets, 3)use diverse of strategies and methods with three principles that are activate students, contextual and fun, 4)use of media that supports students to take part in exploration activities and 4)role of teachers as facilitators as well as families for students, develop ajrih-asih parenting patterns and home visit. Assessment of learning is done by 1) process-based assessment, and 2) assessing the overall aspects / development of students with various forms of assessment and assessment instruments.

Keywords: Implementation of Humanist  Curriculum, Learning Process


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.