PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV

Pramestiara Yayang Nurainingtias

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Domban 2 pada materi Bangun Ruang Sederhana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain menurut Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian yang digunakan adalah 22 siswa kelas IV SD Muhammadiyah Domban 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa. Pada pratindakan terdapat 5 siswa (23,8%) yang mencapai KKM. Pada siklus I sebanyak 15 siswa (68,2%) telah mencapai KKM. Pada siklus II sebanyak 20 siswa (90,9%) telah mencapai KKM.

Kata kunci: hasil belajar matematika, pendidikan matematika realistik, dan bangun ruang sederhana

 

Abstract

This research aims at improving mathematics learning achievement using Realistic Mathematics Education  in class IV SD Muhammadiyah Domban 2 about simple geometry. The research was Classroom Action Research with designed by Kemmis and Mc.Taggart. The subject of this research were 22 students of fourth grade of SD Muhammadiyah Domban 2. The data collection technique of this research were observations and tests. The data analyzed by using descriptive quantitative and descriptive qualitative method. The result show that Realistic Mathematics Education (RME) can improve learning process and student’s mathematics achievement. There are 5 students (23,8,7%) who have fulfilled the minimum criteria of mastery learning (KKM) in pre-action. On 1st cycle there are 15 students (68,2%) who have fulfilled the minimum criteria of mastery learning (KKM). On 2nd  cycle there are 20 students (90,9%) who fulfilled the minimum criteria of mastery learning (KKM).

Keywords: mathematics learning achievements, realistic mathematics education, and simple geometry

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.