PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA

Ahmad Imanudin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V SD Negeri Golo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Dissemination) oleh Thiagarajan. Evaluasi yang dilakukan yaitu validasi ahli dan uji coba pengguna. Subjek coba pada penelitian ini berjumlah 30 siswa, dengan rincian dua siswa pada uji coba perorangan, enam siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 22 siswa pada uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata validasi ahli materi sebesar 4,72 dan skor rata-rata validasi ahli media sebesar 4,4. Hasil uji coba pengguna menunjukkan skor rata-rata uji coba perorangan sebesar 4,53, skor rata-rata uji coba kelompok kecil sebesar 4,37, dan skor rata-rata uji coba lapangan sebesar 4,25. Semua validasi dan uji coba menunjukkan kreiteria sangat baik, sehingga media ini layak digunakan.

Kata Kunci: multimedia interaktif, IPA

 

Abstract

This development research aims product interactive multimedia which is suitable for class V SD learning. This research was an research and development with adaptation 4D (Define, Design, Development, Dissemination) model from Thiagarajan. Evaluation included expert judgements and product testing. There were 30 respondents in product testing, consist of two students for individual trial, six students for small group trial, and 22 students for field trial. The result of this research shows that average score of media expert test was 4,72. The result of subject expert test was 4,4. For user test, average score of individual trial test is 4,53, average score of small group trial test is 4,37, and average score of field trial test is 4,25. Evaluations shows that the product with very good criteria, so this media was feasible to be used.

Keywords: interactive multimedia, science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.