PENANGANAN ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK DALAM PEMBELAJARAN

Annafi’atul Hikmah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan anak tunagrahita mampu didik dalam pembelajaran di SD Negeri Bangunrejo 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memberikan penanganan kepada anak tunagrahita mampu didik dalam pembelajaran sebagai berikut: (1) kurikulum memperhatikan kebutuhan anak tunagrahita dilihat dari metode yang digunakan, materi yang dimodifikasi, melaksanakan evaluasi, mengembangkan keterampilan mengikuti ketertiban sekolah, membangun keterampilan interaksi dasar, bergaul dengan baik, membangun kerja sama dengan teman, dan mengembangkan keterampilan memimpin (2) kondisi lingkungan yang kondusif dilihat dari suasana dalam kelas dan lingkungan di sekitar kelas atau sekolah (3) pemenuhan kebutuhan dasar anak tunagrahita dilihat dari pemenuhan kebutuhan psikologis dan sosial (4) bimbingan dan latihan kerja dilihat dari pembelajaran keterampilan.

Kata Kunci: penanganan, tunagrahita mampu didik

 

Abstract

This research aims at describing the handling of educably mental retardation children in learning of SD Negeri Bangunrejo 2. This research was qualitative descriptive. The techniques of data collection used observation, interview, and documentation. The data analysis technique covered data reduction, data display, and taking conclusion. The results of the research show the handling given by the teachers to educably mental retardation children in social adjustment as follows: (1) the curriculum considers the needs of mental retardation children, modifying materials, conducting evaluation, developing the skill of following the school regulations, building basic interaction skill, getting along well, building team work with friends, and developing the leadership skill, (2) condusive environment which can be seen from the situation in the class and the environment around the class and the school, (3) the basic needs fulfillment of mental retardation children which can be seen from social and psychology needs, (4) the guidance and working practice which can be seen from lifeskill.

Keywords: handling, educably mental retardation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.