PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA

Lutfhi Munawwaroh

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus I UPT Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post-facto. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus I UPT Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 121 siswa dengan sampel sejumlah 94 siswa. Sampel ini ditentukan menggunakan rumus Slovin dan proportional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi untuk mengukur pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan teknik analisis koefisien Alpha Cronbach.  Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan dari pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa yakni dibuktikan dengan Fhitung sebesar 74,682 > Ftabel 3,09 dan nilai sig sebesar 0,00 <0,05.

Kata kunci: pengelolaan kelas, disiplin belajar

 

Abstract

The research aims at determining the influence of classroom management toward student’s learning discipline at   grade of elementary school in cluster I Pundong the district of Bantul. This research used a quantitative approach with ex post-facto research. The population of this research were all student at   grade of elementary school in cluster I Pundong the District of Bantul academic year 2017/2018 amounting to 121 students and the sample were 94 students. The sample was taken using Slovin formula and proportional random sampling technique. The instrument of this research used psychology scale to measure the classroom management and student’s learning discipline. The instrument validity used Product Moment correlation technique, while instrument reliability used Product Moment coefficient analysis technique. The analysis technique of data used descriptive statistic and simple correlation analysis.The result of the descriptive statistic show that classroom management and student’s learning discipline were in enough categories. While the result of the research show that there is a positive and significant correlation between classroom management and student’s learning discipline establish Fcount amount 74,682 > Ftable 3,09 and sig value amount 0,00 <0,05.

Keywords: classroom management, learning discipline


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.