HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA

Fajar Deany Subekti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kemampuan membaca dengan kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan korelasi pearson product moment dengan sampel berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif dan dokumentasi.Hasil penelitian pada siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa:
(1) Tingkat kemampuan membaca siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 79,31%,(2) Tingkat kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 67,24%, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dengan kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa, yang dibuktikan dengan nilai rhitung 0,628 lebih besar dari rtabel sebesar 0,259 (0,628 > 0,259) dan nilai signifikansi hasil analisis program komputer SPSS 16 sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi sebesar 0,05 pada taraf signifikansi 5% (0,00 < 0,05).

Kata kunci: kemampuan membaca, kemampuan pemecahan soal cerita, mata pelajaran matematika

Abstract

This study aims to determine the relationship between reading skills and math stories problem solving skills of students. This research was a quantitative research with Pearson Product Moment correlation and the samples were 58 students. The technique of sample drawing in this study was purposive sampling. Data collection method in this research used objective test and documentation. The results of this study showed that: (1) The reading skills rate was in the middle category with the percentation 79.31%, (2) The level of math stories problem solving skill was in middle category with the percentation 67.24%, (3) There was a positive and significant relation between reading skills and math stories problem solving skills of students, as evidenced by the value of r count 0.628 that was bigger than r table by 0.259 (0.628>0.259) and a significance value on the analysis computer program SPSS 16 with 0,000 less than the significance level value as much as 0.05 at the 5% in significance level
(0.00<0.05).

Keywords: reading skills, problem solving skills of story, mathematics


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.