PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA PEMBELAJARAN DI SDN SERAYU
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Komite Sekolah dalam pengelolaan sarana pembelajaran di SDN Serayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) komite SDN Serayu telah melaksanakan perannya sebagai badan
pemberi pertimbangan (Advisory Agency) dalam pengelolaan sarana pembelajaran dengan cara memberikan masukan, ide, dan saran dalam perencanaan di rapat RAPBS, (2) komite SDN Serayu telah melaksanakan peran sebagai pendukung (Supporting Agency) dalam pengelolaan sarana pembelajaran melalui kepanitiaan dalam pengadaan, pengumpulan dana, dan pemberian bantuan, serta penggunaan sarana pembelajaran, (3) komite SDN Serayu telah berperan sebagai pengawas (Controlling Agency) dalam pengelolaan sarana pembelajaran yaitu dengan mengawasi anggaran dalam RAPBS untuk pengadaan sarana pembelajaran dan mengawasi penggunaan sarana pembelajaran, dan (4) komite SDN Serayu telah melaksanakan perannya sebagai mediator yaitu menjadi penghubung antara sekolah dengan orang tua, masyarakat, dan dinas dalam pengadaan sarana, penyalur dana serta penyalur aspirasi dari pihak luar.
Kata kunci: peran Komite Sekolah, pengelolaan sarana pembelajaran
Abstract
This research has a purpose to describe the role of School Committee in learning facility management of SDN Serayu. This research used descriptive approach. The data collecting techniques of this research were observations, interviews, and documentations. Data analysis using Miles and Hubberman model which were data reduction, data display, dan conclusion drawing. The results of this research were, (1) SDN Serayu’s sommittee has done its role as advisory by giving ideas and advices in RAPBS in learning facility management, (2) SDN Serayu’s has done its role as supportimg agency in supplying, fund accumulating, , donnating, and using learning facility, (3) SDN Serayu’s has done its role as controlling agency by controlling RAPBS, budget usage and
controlled the facilities use for, and (4) School committee has done its role to be mediator among school and parents, society, and institutions in supplying facility, also fund and aspiration distributor.
Keywords: School Committee roles, learning facility management
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.