PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI

Widi Susanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak pada siswa kelas V melalui media film animasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Taggart. Pada model ini terdiri dari tahap perencanaa, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Delegan 2 yang berjumlah dari 31 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan menyimak cerita anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif yaitu perhitungan analisis persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan mencari haril rerata kemampuan menyimak cerita anak setiap siklus. Peningkatan kemampuan menyimak cerita anak dapat dilihat dari meningktatnya antusias dan aktivitas siswa selama pembelajaran serta dari peningkatan hasil rata-rata kemampuan menyimak cerita anak. Peningkatan rata-rata kemampuan menyimak tersebut yaitu pada kondisi awal sebesar 57,41 meningkat menjadi 66,61 (meningkat 9,2) pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 83,78 (meningkat 17,17) pada siklus II.

Kata kunci: kemampuan menyimak cerita anak, film animasi

Abstract

The aim of this study was to improve of children stories listening skill of fifth grade students through animation films media. This study was a class action (Classroom Action Research) with Kemmis and Taggart’s model. This model consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects were 31
fifth grade students of SD Negeri Delegan 2. The object of this study was the listening skill on children stories. Qualitative data analysis technique and quantitative data analysis technique used to collect data. Qualitative data analysis technique by analyzing the percentage of student activity in the learning process. Quantitative data analysis technique by analyzing the results average of the listening skill on children stories each cycle. The improvement of listening skill on children stories seen from the increase of students enthusiasm and activity during the learning as well as from the increase in the result average of the listening skill on children stories. Initial average listening skills of students were 57.41 then increased to 66.61 (9.2) in the first cycle, while in the second cycle increased to 83.78 (17.17).

Keywords: children stories listening skill, animation films


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.