HUBUNGAN PERSEPSI POLA ASUH ORANG TUA DAN PENERAPAN NILAI BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR

Novi Kurnia Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pola asuh orang tua dan penerapan nilai budaya sekolah terhadap kemandirian belajar siswa SD N kelas tinggi se-Gugus I di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian korelasi. Hasil penelitian hubungan persepsi pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa adalah 57%, hubungan penerapan nilai budaya sekolah dengan kemandirian belajar siswa adalah 72%, dan besarnya hubungan persepsi pola asuh orang tua dan penerapan nilai budaya sekolah dengan kemandirian belajar siswa adalah 89%. Berdasarkan dari paparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi pola asuh orang tua dan penerapan nilai budaya sekolah dengan kemandirian belajar siswa kelas tinggi SD N Se-Gugus I Sidoarum di Kecamatan Godean Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015.

Kata kunci: persepsi pola asuh orang tua, penerapan nilai budaya sekolah, kemandirian belajar siswa

Abstract

This research aimed to know the corelattion perception of parenting style and implementation of school cultural values with students self regulated learning of intermmediate class elementary school in Gugus I Godean, Sleman. The research was a quantitative research with correlation research design. The result showed that the correlation perception of parenting style with students self regulated learning was 57%, the correlation between implementation of school cultural values with students self regulated learning was 72%, and the correlation between perception of parenting and implementation of school cultural values with students self regulated learning was 89%. Based on this, it can be concluded that there was positive correlation between perception of parenting style and implementation of school cultural values with students self regulated learning of intermmediate class elementary school in Gugus I Sidoarum Godean Sleman 2014/2015.

Keywords: perception of parenting style, implementation of school cultural values, students self regulated learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.