PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Desti Vitriani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Serut, Gedangsari Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menerapkan model Quantum Teaching. Penelitian ini menggunakan model Kemmis&Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Serut yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penerapan model Quantum Teaching dengan sintaks TANDUR yang menggunakan teknik pembelajaran bervariasi dan memfokuskan pada keterlibatan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan model Quantum Teaching, nilai rata-rata meningkat dari 65 menjadi 93 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 21% menjadi 100%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 97,28 dengan ketuntasan belajar tetap 100%.

Kata Kunci: quantum teaching, hasil belajar matematika.

 

Abstract

This research aims at improving the second-grade students’ mathematics achievement applying Quantum Teaching model in SDN Serut, Gedangsari school year 2017/2018. This research used Kemmis and McTaggart model. The subjects of this study were the second-grade students of SDN Serut which was consisted of 7 male students and 8 female students. The data gathering techniques used in this research were tests and observations. Then, the research data were analysed using descriptive qualitative and descriptive quantitative method. The implementation of Quantum Teaching model with EEL Dr.C syntax used varied learning techniques and focused on the students’ involvement to increase students learning achievement. Based on the test of cycle I, after using the Quantum Teaching model, the average score increase from 65 to 93 with the learning mastery which also increase from 21% to 100%. In cycle II the average score were 97,28 with 100% fixed learning mastery.

Keywords : quantum teaching, mathematics learning achievement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.