MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL BANGUN RUANG

Tegaryuanti Febrika Wulandari

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri bendo 3 pada materi sifat-sifat bangun ruang dengan menggunakan model bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Bendo 3 yang berjumlah 10 siswa. Objek peneitian ini adalah hasil belajar sifat-sifat bangun ruang. Metode pengmpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan penggunaan model bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SD N Bendo 3. Peningkatan terlihat dari nilai siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan nilai rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 61,7, siklus I sebesar 72,5 dan pada siklus II sebesar 86,7. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 40%, siklus I mencapai 70% dan pada siklus II mencapai 100%. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 24,7. Selain itu, kualitas proses pembelajaran juga meningkat. Peningkatan aktivitas siswa yaitu dari siklus I sebesar 55,7% menjadi 73% pada siklus II dengan kategori baik.

Kata kunci :  hasil belajar, sifat-sifat bangun ruang, model bangun ruang.

 

Abstract

The purpose of the research is to improve the learning outcomes of geometric characteristics at fifth grade students in Bendo 3 Elementary School by using geometric models. This research was action research classroom by using Kemmis McTaggart Models. The subject were the fifth grade students at Bendo 3 Eementary School which amount of 10 students. The object was learning outcomes of geometry characteristics. Data collecting methods were test and observation. Quantitative descriptive as a technique of data analysis in this research. The result of this research shows that the use of geometric models can improve the learning outcomes on geometric characteristics at fifth grade students in Bendo 3 Elementary School. This can be seen from the improvements of students score on the geometic characteristics before and after taking the action. The improvements of pre-cycle reach 61.7, cycle 1 reach 72.5, and cycle II reach 86.7. The percentage of mastery pre-cycle reach 40%, cycle I reach 70% and on cycle II reach 100%. The outcomes shows the impovement from average pre-cycle to cycle II amount 24.7. Moreover, the quality of learning is improve, either. The student activity improvee from cycle I 55.7% to cycle II 73%, which indicate a good category.

Keywords : learning outcomes, geometric characteristics, geometric models.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.