PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MEDIA BENDAKONKRET PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Yohana Syafitri

Abstract


Abstrak

Materi matematika sekolah dasar didominasi oleh materi yang bersifat abstrak.Untuk itu perlu upaya pembelajaran matematika yang disajikan secara konkret sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa. Bila semua guru telah menerapkan penggunaan media benda konkret pada pembelajaran matematika diikuti dengan pengetahuan procedural yang memadai, akan dapat membantu siswa memahami konsep dasar matematika yaitu makna dari apa yang dia kerjakan. Kegiatan pembelajaran matematika sangat memerlukan adanya benda-benda konkret sebagai alat bantu dalam penyampaian konsep matematika. Media benda konkret digunakan agar siswa dapat menerima konsep matematika dengan mudah dan mengembangkannya untuk menyelesaikan permasalahan matematis kehidupan sehari-hari. Selain itu hasil belajar siswa akan dapat meningkat khususnya pada materi matematika. Untuk itu sangat perlu adanya penggunaan media benda konkret dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung siswa sekolah dasar.

Kata kunci: media benda konkret, pembelajaran matematika, sekolah dasar

Abstract

Elementary school math material is dominated by matter that is abstract. For that we need the effort of learning mathematics are presented in concrete making it more easily understood by students. When all the teachers have implemented the use of media in teaching mathematics concrete objects followed by adequate procedural knowledge, will be able to help students understand the basic concepts of mathematics that is the meaning of what she is doing. Mathematics learning activities is in need for concrete objects as aids in the delivery of mathematical concepts. Media concrete objects used for students to receive mathematical concepts with ease and expand it to solve mathematical problems of everyday life. In addition to the learning outcomes of students will be able to increase, especially in the matter of mathematics. For it is necessary to use concrete objects media in an effort to improve the numeracy skills of primary school students.

Keywords :media concrete objects, mathematics, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.