STUDI EKSPLORASI KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 1 GRANTING

Laila Sya’bani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas III SD N 1 Granting. Aspek yang diteliti meliputi ketepatan penggunaan ucapan, ketepatan penggunaan frase, kewajaran penggunaan intonasi suara, penguasaan tanda-tanda baca sederhana,penggunaan ekspresi, kelancaran membaca, dan pemahaman terhadap bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluasi kualitatif. Penelitian dilakukan di SD N 1 Granting dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas III. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive, yaitu penentuan subjek penelitian dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang digunakan antara lain subjek mengerti dan memahami hal objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus IRI (Informal Reading Inventory). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas III SD N 1 Granting tergolong ke dalam tiga kategori, 3 siswa pada kategori independen, 13 siswa pada kategori instruksional, dan 4 siswa pada kategori frustasi. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat independen berjumlah 14 kata. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat instruksional berjumlah 192 kata. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat frustasi berjumlah 202 kata.

Kata kunci: kemampuan membaca, siswa kelas III

 

Abstract

The research is describing 3th grader’s reading skill in SD N 1 Granting. Aspects of this research are utterances appropriateness, using phrase properly, correct in sound intonation, simple punctuations mastery, expression’s using, reading fluency, and understanding of literatures. The research way qualitative with methods qualitative evaluation. It used 3th grader students as subject. Subjects were chose by purposive technique (choosing subject with specific consideration). The consideration was like knowing  and  understanding  with  researching  objects.  Data  collecting technique  were  observation, interviewing, and documentation. The analyzing data used IRI (Informal Reading Inventory) formula. Testing data validation used source and technique triangulations. The result of research indicates that 3th grader’s reading skill in SD N 1 Granting are classified to 3 category, 3 students in independent category, 13 students in instructional category, and 4 students in frustation category. The mistakes that occur in independent’s level are 14 words. The mistakes that occur in instructional’s level are 192 words. The mistakes that occur in frustation’s level are 202 words.

Keyword: reading skill, 3th grader

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.