UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS VB SD N GEDONGKIWO

Irma Meilina Nurfajriati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya meningkatkan kemandirian belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri Gedongkiwo dengan menggunakan metode mind map. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas VB berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar checklist yang divalidasi melalui expert judgment. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map dapat meningkatkan kemandirian belajar IPS pada siswa kelas VB SD Negeri Gedongkiwo. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemandirian belajar IPS yaitu dengan cara meningkatkan tanggung jawab, percaya diri, kreativitas, semangat, dan disiplin siswa dalam belajar.

Kata kunci: kemandirian belajar, pembelajaran IPS, metode mind map


Abstract

This research aimed to explain about improving self regulated learning of IPS in grade VB SDN Gedongkiwo by using the mind map method. The type of this research was classroom action research (CAR) adopted from Kemmis& Taggart’s research model consisted of planning, action & observation, and reflection.The subjects of the research were 17 students.The data were collected through checklist and validated through expert judgment. The data obtained than analyzed by using quantitative descriptive techniques. The result of data analyzed showed that mind map method could improve self-regulated learning of IPS in students grade VB SDN Gedongkiwo. The efforts in improved self-regulated learning IPS was done by increased responsibility, confidence, creativity, spirit, and discipline.

Keywords: self-regulated learning, IPS learning, mind map


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.