UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI WAYANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY

Wahyu Ciptaning Tyas

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar ranah kognitif bahasa Jawa materi wayang dengan menggunakan model pembelajaran course review horay pada siswa kelas V A SD Negeri Krapyak Wetan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart yang dilaksanakan secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Aspek kognitif hasil pembelajaran pre test memperoleh 70,47 menjadi 82,86 pada siklus I. Keaktifan siswa meningkat 44,56% menjadi 87,5% pada siklus I. Pada akhir siklus I menunjukkan ≥75% siswa telah mencapai KKM (75).

Kata Kunci: Materi Wayang, Model Pembelajaran Course Review Horay, SD

 

Abstract

This research aims to improve learning process and learning outcomes puppets matter by using learning model of course review horay of 5th grade student of SDN Krapyak Wetan Yogyakarta. This was collaborative classroom action research. The research design used Kemmis and MC Taggart model. The techniques of collecting data used test, observation, and documention. The techniques of analyzing data used quantitative and qualitative descriptive. Cognitive aspect of learning outcomes has increase from an avarage value of the results of pre test 70,47 become 82,86 in the first cycle. The liveliness to obtain a percentage 44,56% in the pre test and the first cycle increase by 87,5%. The research finish in first cycle because the result fulfilled the action success criteria that ≥75% of the students had reach the KKM (75).

Keywords: The Puppets Matter, Course Review Horay Learning Model, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.