MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK KKLKMD SEDYO RUKUN, BAMBANGLIPURO, BANTUL

Widiyanti Widiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains yaitu keterampilan mengobservasi, mengklasifikasi, memprediksi, dan mengkomunikasikan melalui metode eksperimen pada anak Kelompok B di TK KKLKMD Sedyo Rukun, Bambanglipuro, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek Penelitian adalah 19 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains melalui metode eksperimen pada anak Kelompok B di TK KKLKMD Sedyo Rukun, Bambanglipuro, Bantul. Peningkatan keterampilan proses sains dapat dilihat saat pra tindakan hanya 2 anak (10,53%) dalam kategori baik (Berkembang Sangat Baik/BSB), setelah dilakukan tindakan pada Siklus I dan Siklus II meningkat menjadi 10 anak (52,63%) pada Siklus I dan 19 anak (100%) pada Siklus II dalam kategori baik (Berkembang Sangat Baik/BSB). Perbaikan pembelajaran yang dilakukan antara lain: menghadirkan masalah dengan lebih menarik, meningkatkan pengelolaan kelas, memotivasi anak agar senantiasa percaya diri, memberi tindakan lebih pada anak yang masih berada dalam kriteria kurang baik, dan memberi penguatan dan penghargaan.

 

Kata kunci: keterampilan proses sains, metode eksperimen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.