PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK MODEL SLEMAN YOGYAKARTA

Muhammad Arya Wresniwira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan pendidikan karakter di TK Model Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian meliputi: 1) Alasan TK Model melaksanakan pendidikan karakter adalah sekolah tidak hanya menginginkan anak cerdas pada kognitifnya saja namun juga berkembang pada sisi kepribadiannya; 2) Nilai-nilai yang ditanamkan di TK Model yaitu: (a) disiplin, (b) tanggung jawab, (c) tertib, (d) religius, (e) toleransi, (f) budaya antri, (g) sopan santun, (h) mandiri, (i) menghargai, (j) percaya diri, (k) patuh, (l) kepemimpinan, (m) jujur, (n) empati, (o) tolong-menolong, dan (p) kasih sayang; 3) Proses penanaman nilai-nilai karakter dilakukan melalui program-program sekolah 4) Pihak-pihak yang berperan dalam pendidikan karater di TK Model meliputi kepala sekolah, guru, orang tua, dan anak; 5) Faktor pendukung pendidikan karakter di TK Model meliputi: guru yang memiliki kompetensi, guru yang berkomitmen dalam pelaksanaan pendidikan karakter, orang tua yang ikut berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter; 6) Faktor penghambat pendidikan karakter di TK model meliputi: sebagian kecil orang tua masih ada yang menyerahkan pendidikan anak kepada sekolah, ketidakkonsistenan sebagian orang tua dalam pembiasaan kepada anak untuk berperilaku baik.

 

Kata kunci: pendidikan karakter, anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.