PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENGEMBANGKAN KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK

Ika Retnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu kuartet yang layak untuk mengembangkan kosakata pada anak TK Kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (research & development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg

 

&     Gall. Prosedur pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk utama, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk akhir, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk operasional. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 27 anak kelompok B TK Pertiwi 51. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Media kartu kuartet ini layak digunakan untuk mengembangkan kosakata pada anak kelompok B. Hal ini dibuktikan dari validasi ahli materi pada kategori layak (82,5%), ahli media pada kategori sangat layak (92%), uji coba lapangan awal pada kategori layak (84,37%), uji coba lapangan utama pada kategori sangat layak (85,93%), dan uji coba lapangan operasional pada kategori sangat layak (89,16%).

 

Kata kunci: media pembelajaran, kartu kuartet, kosakata, anak TK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.