HUBUNGAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA ANAK KELOMPOK B DI ‘TK KKLKMD SIDOMAJU’

Titis Aprilia Dian Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan berbicara dengan penerimaan teman sebaya anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh siswa menjadi subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK KKLKMD Sidomaju yang berjumlah 35 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan sosiometri. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan berbicara dengan penerimaan teman sebaya anak kelompok B di TK KKLKMD Sidomaju. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil dari korelasi Pearson Product Moment r = 0,802, p < 0,05 dalam tingkatan sangat kuat dan signifikan. Artinya semakin tinggi keterampilan berbicara anak, maka semakin tinggi pula penerimaan teman sebaya.

 

Kata kunci: keterampilan berbicara, penerimaan teman sebaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.