HUBUNGAN CERITA FABEL DENGAN PENGETAHUAN MORAL ANAK KELOMPOK B

Esti Yuliati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cerita fabel yang diceritakan oleh guru dengan pengetahuan moral anak kelompok B di TK PKK 106 Merten. Jenis penelitian adalah kombinasi atau gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah 13 anak kelompok B TK PKK 106 Merten. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment Kendall dan Spearman untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rs 0,716, maka Hi diterima dan Ho ditolak artinya ada hubungan cerita fabel dan pengetahuan moral anak kelompok B. Hal ini dapat dilihat dari saat peserta didik dapat menceritakan kembali isi cerita fabel dari tema, judul, alur, tokoh, dan pesan moral cerita. Pengetahuan moral anak kelompok B dilihat dari tiga nilai moral yang diambil yaitu kejujuran, kedisiplinan dan tanggungjawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat hubungan positif antara cerita fabel dengan pengetahuan moral.

 

Kata kunci: cerita fabel, pengetahuan moral anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.