DESKRIPSI MOTORIK HALUS ANAK TK B SE-GUGUS TERATAI UMBULHARJO

Tyastika Putri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik halus anak yang dilakukan dalam kegiatan bermain balok pada anak TK usia 5-6 tahun se-Gugus Teratai Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah anak TK usia 5-6 tahun se-Gugus Teratai Umbulharjo Yogyakarta dengan jumlah 69 anak dari 4 TK. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil check list (lembar observasi) disajikan dalam bentuk diagram lingkaran dan histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus dalam kegiatan bermain balok pada anak TK usia 5-6 tahun se-Gugus Teratai Umbulharjo Yogyakarta dalam predikat cukup baik yaitu dengan persentase 53,62%. Kemampuan motorik halus dalam kegiatan bermain balok dinilai melalui 4 aspek yaitu kemampuan  membangun menara dengan persentase sebesar 47,83%, kemampuan menyusun balok berdampingan dengan persentase sebesar 65,22%, kemampuan membuat jembatan dengan persentase sebesar 51,45%, dan kemampuan membuat bangunan dengan berbagai variasi dengan persentase sebesar 49,28%. Bila dianalisis dengan 4 aspek penilaian tersebut, maka kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan bermain balok mencapai tingkat perkembangan cukup baik.

 

Kata kunci: kemampuan motorik halus, bermain balok


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.