KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM DORA THE EXPLORER DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN TAMANKU YOGYAKARTA

Norma Lukito Evyas Tuti

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  menguji  keefektifan  penggunaan  media  film  Dora  The  Explorer dalam meningkatkan  kosakata  anak  di  Kelompok  Bermain  Tamanku.Jenis  penelitian  yang  digunakan  yaitu  quasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Penelitian ini dilakukan dalam 10 kali pertemuan, dengan subjek  penelitian  berjumlah  enam  anak.  Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  menggunakan  tes  lisan. Instrumen yang digunakan berupa kartu bergambar kosakata benda. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini menggunakan media Film Dora The Explorer yang terdiri dari episode baby dino, berry hunt, super spies dan missing  piece.  Data  dianalisis  menggunakan  deskriptif  kuantitatif  dan  ditampilkan  dalam  tabel  dan  diagram batang.Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   penggunaan   media   film   Dora   The   Explorer   efektif   dalam meningkatkan kosakata anak. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kenaikan skor rata-rata perolehan pre-test dan post-test  yaitu  sebesar  22,26  (44,52%).  Adapun  bukti  lain  yaitu,  anak  dapat  menjawab,  mengucapkan  dan mengetahui kegunaan kata benda dengan benar seperti jaket penyelamat, sabuk pengaman, perahu, dayung dan ransel. Penerapan media dalam penelitian ini yaitu berdasarkan pada penyajian isi film, yang mengajak anak tidak hanya menonton tetapi juga aktif terlibat dalam film tersebut. Anak ikut membantu menemukan jalan keluar dan ikut menjawab pertanyaan atau teka-teki yang disampaikan pada film tersebut.

 

Kata kunci: kosakata, film Dora The Explorer


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.