PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA DI SENTRA ALAT PERMAINAN EDUKATIF TRADISIONAL PAUD BINA BUAH HATI BANTUL

Isti Evi Rokhanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana, kegiatan, dan evaluasi pembelajaran di Sentra Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) PAUD Bina Buah Hati Labsite BPKB DIY. Jenis penelitian ini yakni deskriptif. Subjek penelitiannya meliputi guru sentra, koordinator pembelajaran, kepala sekolah, dan siswa TK kelompok A berjumlah 14 anak. Objek penelitian yakni pelaksanaan pembelajaran di Sentra APET. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data dilakukan secara kualitatif sesuai dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pembelajaran di Sentra APET mengacu pada Kurikulum 2013 dan pengembangan muatan materi menyesuaikan standar nasional PAUD Permendikbud No. 137 tahun 2014. Kegiatan pembelajaran terdiri dari (1) pijakan lingkungan main guru menyiapkan alat main (contoh bakiak, holahop, gamelan, rebana, karet gelang, daun nangka, dan daun pisang), penyambutan anak, main pembukaan, transisi, (2) pijakan sebelum main guru menjelaskan tema dan sub tema serta kegiatan main, (3) pijakan saat main siswa bermain dan guru mendampingi serta membantu anak yang kesulitan,  (4) pijakan setelah main guru menanyakan kegiatan yang telah dilakukan, snack time, dan penutup. Evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi harian, bulanan, dan semesteran yang menggunakan teknik skala capaian perkembangan, catatan anekdot, serta catatan hasil karya siswa setiap bulan.

 

Kata kunci: pembelajaran, sentra, alat permainan edukatif tradisional


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.