PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN PENGURANGAN PADA ANAK KELOMPOK B

Sri Harnani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika penjumlahan pengurangan menggunakan permainan dakon di kelompok B TK Pamardi Siwi Muja-Muju. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Pamardi Siwi Muja-Muju berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian observasi dan penilaian portofolio. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan LKA. Teknik Analisa data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini jika rata-rata skornya adalah 80,00. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penjumlahan dan pengurangan meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan permainan dakon yang memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar secara mandiri dan tanpa adanya tekanan. Peningkatan tersebut terlihat dari data Siklus I ke Siklus II pada penjumlahan dan pengurangan meningkat, skor rata-rata yang diperoleh pada kemampuan penjumlahan adalah 94,22, sedangkan untuk skor rata-rata kemampuan pengurangan 94,30. Penelitian ini dikatakan berhasil karena skor yang diperoleh sudah mencapai angka yang ditentukan.

 

Kata kunci: penjumlahan, pengurangan, permainan dakon.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.