PENINGKATAN KETERAMPILANAN BERBICARA METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK BHAYANGKARI 07 BANTUL

Chumaidah Chumaidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode karyawisata pada anak Kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 07 Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% dari 20 anak  memiliki keterampilan berbicara dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak kelompok A dapat ditingkatkan melalui metode karyawisata. Hal ini dibuktikan dari pencapaian skor keterampilan berbicara anak kelompok A sebelum tindakan sebesar  101 (42,08%), kemudian setelah tindakan menjadi 227 (94,58%). Stimulasi yang dilakukan guru dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara, meliputi: (1) Anak diajak keluar kelas, (2) Anak diberi kebebasan untuk mengamati lingkungan, (3) Mengelompokkan anak yang sudah aktif berbicara dengan anak yang masih pasif agar anak termotivasi untuk berbicara, dan (4) Anak menceritakan pengalamannya saat karyawisata.

 

Kata kunci: keterampilan berbicara, metode karyawisata, anak kelompok a


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.