KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK TK B DI GUGUS MAWAR, KECAMATAN PITURUH, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH

Novy Tri Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menggambar anak di Taman Kanak-kanak (TK) pada kelompok B di gugus Mawar, Kec. Pituruh, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Kemampuan menggambar dalam penelitian  ini difokuskan pada kemampuan anak menggambar bentuk dengan proporsional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 68 anak yang diambil  dari  tiga  TK  di  gugus  Mawar.  Teknik  yang  digunakan  dalam  pengumpulan  data  adalah  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik  analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil rata-rata skor persentase pada penelitian ini yaitu 37% anak mampu dan 67% anak tidak mampu. Berdasarkan hasil 37% anak yang mampu menggambar  bentuk dengan proporsional, maka dapat disimpulkan bahwa kriteria kemampuan menggambar anak TK B di gugus Mawar, Kec. Pituruh, Kab. Purworejo, Jawa Tengah dalam kategori kurang mampu.

 

Kata kunci: kemampuan menggambar, tk kelompok b


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.