HUBUNGAN POLA ASUH AUTORITATIF DENGAN KEMANDIRIAN ANAK TK DI BANJARARUM KALIBAWANG KULON PROGO

Cahyani Hayyu Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh autoritatif dengan kemandirian anak TK di Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel yang diteliti adalah 158 anak dan 158 ibu dari anak tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner kemandirian anak diisi oleh guru kelas dan kuesioner pola asuh autoritatif diisi oleh orangtua. Sebelum digunakan, instrumen diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Pada instumen kemandirian diperoleh 28 item yang valid dan reliabilitasnya sebesar 0,747, sedangkan instrumen pola asuh autoritatif diperoleh 31 item yang valid dan reliabilitasnya sebesar 0,739. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk pengujian hipotesis. Dari hasil penelitian  ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh autoritatif dengan kemandirian anak TK di Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo. Hal ini terbukti dari hasil analisis data korelasi product moment, yaitu diperoleh rhitung sebesar 0,490. Hasil tersebut lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% yang bernilai 0,1528, sehingga. Besarnya sumbangan efektif pola asuh autoritatif terhadap kemandirian anak TK di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo adalah r2 x 100 % yaitu 24.01 %.

 

Kata kunci : pola asuh autoritatif, kemandirian, anak TK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.