PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF ABACADA CERDAS BELAJAR BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK ABA KARANGKAJEN

Ririn Octavianis Sari

Abstract



Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media CD Interaktif Abacada Cerdas Belajar Baca terhadap kemampuan membaca permulaan anak Kelompok B TK ABA Karangkajen. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B2 TK ABA Karangkajen yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan membaca permulaan. Peneliti menggunakan instrumen tes kemampuan membaca permulaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media CD Interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK ABA Karangkajen. Anak dapat membaca huruf, suku kata, dan kata yang ditunjukkan dengan hasil post test lebih tinggi dari pre test. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan thitung =12,769. Oleh karena thitung = 12,769 > ttabel = 2,16, artinya menerima hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara penggunaan media CD Interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK ABA Karangkajen.
Kata kunci: CD interaktif, membaca permulaan, anak usia dini
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect Abacada Interactive CD of the ability to early reading of kindergarten children Group B ABA Karangkajen.This study uses a quasi-experimental research design with one group pretest-posttest.The subjects were 14 children kindergarten group B2 ABA Karangkajen. Data collection through the test's ability to early reading. Researchers used the test instrument's ability to early reading and analyzed using t-test. The results showed there are significant to use the Interactive CD reading ability in children beginning kindergarten Group B ABA Karangkajen. Children can read letters, syllables, and words that indicated by the results of post test is higher than pre-test. T-test calculation results show tarithmetic = 12.769. Therefore tarithmetic = 12.769 > ttable = 2.16, means to accept the hypothesis there is influence between use interactive CD for reading ability in children beginning kindergarten ABA Karangkajen.
Keywords: interactive CD,early reading, early childhood

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.