PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK GEDONGKIWO MANTRIJERON YOGYAKARTA

Citra Ihtiar

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada anak melalui metode bercerita dengan gambar pada anak Kelompok A di TK PKK Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok usia 4-5 tahun TK PKK Gedongkiwo berjumlah 17 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak pada anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan gambar melalui proses pembelajarannya dengan menggunakan isi cerita dan gambar yang lebih menarik bagi anak, memberikan kesempatan anak menyimak dengan rileks, memberi kesempatan untuk menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri, dan mengungkapkan pendapat tentang cerita. Rata-rata pencapaian jumlah anak yang memiliki keterampilan menyimak sebelum menggunakan metode bercerita dengan gambar masih pada kriteria mulai berkembang yaitu 46, 31%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I sampai Siklus II terjadi peningkatan menjadi 81, 36%. Kata kunci: keterampilan menyimak, metode bercerita dengan gambar, anak kelompok A Abstract This research aims to improve listening skills in children through of story telling method with pictures in group A in kindergarten PKK Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta. This study is a collaborative action research. The subjects were children of 4-5 years age group PKK Gedongkiwo kindergarten amounted to 17 children. Methods of data collection is done through observation. The data analysis technique performed a quantitative descriptive. Based on the results of discussion, it can be concluded that listening skills in children can be improved through of story telling methods with pictures through the learning process by using the contents of stories and pictures that are attractive to children, giving children the opportunity to listen torelax, give the opportunity to retell the story with its own language, and express an opinion about the story. The average attainment of the number of children who have listening skills before using a method of telling stories with pictures still on the criteria began to evolve that is 46, 31%. After the action on the first cycle to the second cycle happened an increase to 81, 36%. Keywords: listening skills, story telling method with pictures, group A kindengarten

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.