MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK KELOMPOK B6 TK ABA NITIKAN YOGYAKAR

Yeni Tri Lestari

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan
berbagai media pada anak kelompok B6 TK ABA Nitikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak
Kelompok B6 TK ABA Nitikan yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Objek
penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi
observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan
kelas yang dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari 6 kali pertemuan, menunjukkan bahwa kemampuan motorik
halus anak yang di observasi mengalami peningkatan yang baik dari kondisi awal sebelum diadakan penelitian
tindakan kelas hingga penelitian tindakan kelas siklus II tahap akhir. Pada kondisi awal terdapat 7 anak dengan
kriteria belum berkembang mengalami penurunan pada siklus I menjadi 0 anak dan pada siklus II sudah tidak
terdapat lagi anak dengan kriteria belum berkembang. Untuk kriteria mulai berkembang pada kondisi awal terdapat
3 anak, pada siklus I mengalami penurunan menjadi 2 anak, dan pada siklus II tidak terdapat lagi anak dengan
kriteria mulai berkembang. Kriteria berkembang sesuai harapan mengalami peningkatan dari kondisi awal yaitu 5
anak, pada siklus I naik menjadi 13 anak, dan pada siklus II lebih meningkat lagi enjadi 15 anak. Dengan demikian
kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase dengan berbagai media.
Kata kunci: kemampuan motorik halus, kegiatan kolase
Abstract
This research aims to improve children fine motor skills through collage activities with the various media
for B6 group TK ABA Nitikan. The research are classroom action research with the Kemmis and Mc. Taggart
model being in two cyclus. The subject of the research are kindergarten children from B6 Group TK ABA Nitikan,
there are 15 children, such as 8 girls and 7 boys. The object of the research is capability of fine motor skills of the
children. We used collected data method for observation. After we collected the data we will analyzed by
descriptive qualitative and quantitative. The result of the classroom action research which do being 2 cyclus that
contains from 6 times meeting, improved that capability of fine motor skills the children are significan progress
from the beginning until the ending. At the first condition we got 7 children who not develop criteria yet but in the
end of the cyclus I become 0 children and then at cyclus II there’s no children under standard again. We got 3
children that has no development criteria yet, at the first cyclus descending become then at the end of the cyclus II
no more children with that criteria. Development criteria appropriate progressing at the first condition for 5
children, at the cyclus I become 13 children and the cyclus II becoming 15 children. So we can conclud that fine
motor skills at the children can be improve by collage activities with the various media.
Keywords: fine motor skills, collage activities

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.