MENGEMBANGKAN MORAL MELALUI PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK BERMAIN NURUL HIKMAH SUROBAYAN ARGOMULYO SEDAYU BANTUL

Nurul Fatimah Umairoh

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan moral anak melalui penggunaan metode bermain peran pada
anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Nurul Hikmah Surobayan, Argomulyo, Sedayu. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok usia 3-4 tahun KB Nurul Hikmah
berjumlah 14 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
disimpulkan bahwa moral anak dapat dikembangkan melalui penggunaan metode bermain peran dengan cara
pengujian terhadap aksi/tindakan-tindakan diri sendiri dan orang lain yaitu memberikan pengalaman di mana
mereka dapat menjadi lebih menerima dan menganalisa apa yang mereka sendiri lakukan dan apa yang mereka
lihat. Hasil rata-rata pencapaian jumlah anak yang memiliki kemampuan moral sebelum menggunakan metode
bermain peran masih pada kriteria rendah yaitu 41,7%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I sampai siklus III
terjadi perkembangan menjadi 81,09%.
Kata kunci: pengembangan moral, bermain peran
Abstract
This study attempts to develop morals of children through the use of the pretend play in children 3-4 years in
KB Nurul Hikmah Surobayan, Argomulyo, Sedayu. This research is research class action collaborative. The
subject of study are the age groups 3-4 year KB Nurul Hikmah were 14 children. Methods of data collection
through observation and documentation. Analysis techniques performed by descriptive qualitative and quantitative.
Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the it that morals of children can be
developed through the use of the pretend play by means of testing over recent/ Actions ourselves and other people
that providing experience which they can become more receive and analyze what they do and what they see. The
average yield the number of children with before the moral in a pretend play is still in the low at 41,7 %. After
conducted action against cycle I until cycle III development occurs be 81,09 %.
Keywords: moral development, pretend play

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.