PENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN MENARI ANIMAL DANCE PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA KUTU ASEM YOGYAKARTA

Kurnia Munawaroh

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui kegiatan menari animal
dance pada kelompok A TK ABA Kutu Asem Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan
dalam keterampilan motorik kasar pada anak kelompok A TK ABA Kutu Asem Yogyakarta.Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dengan menggunakan prosedur penelitian model Kemmis & Mc
Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok A TK ABA Kutu Asem yang berjumlah 15 anak
yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek penelitian adalah keterampilan motorik kasar yang
terdiri dari kekuatan, koordinasi dan kelincahan anak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu
observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.Kegiatan menari animal dance
dilakukan secara bertahap dengan mengajarkan gerakan tarian tahap demi tahap dari satu gerakan ke gerakan
berikutnya sehingga terjadi peningkatan keterampilan motorik kasar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian
menunjukan melalui kegiatan menari animal dance dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.
Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian kondisi awal keterampilan motorik kasar anak sebesar 11,11%,
setelah dilakukkan tindakan pada siklus I keterampilan motorik kasar anak meningkat menjadi 33,33%, pada siklus
II keterampilan motorik kasar anak meningkat menjadi 84,44%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena sudah
memenuhi kriteria keberhasilan indikator.
Kata kunci: tari binatang, kemampuan motorik kasar
Abstract
This research aims to developed gross motor skilslof children through aimal dance at group A TK ABA
Kutu Asem Ypgyakarta. This research was done because there are problems in gross motor skilsl in children in
group A TK ABA Kutu Asem Yogyakarta. This research is colaborative classroom action research. by using the
procedure of th model study Kemmis & Mc Taggart. Subject in this study were children group A TK ABA Kutu
Asem Yogyakarta totaling 15 children conisting ot 8 boys and 7 girls. The Object of research is the gross motor
skils that consist of strength, coordination and agility. The technique used to collect the data of observation.
Analysis of data using quantitative descriptive. Animal dance activities carried out in stage with teaching dance
moves step by step from one movement to the next movement resulting in increased gross motor skils in each
cycle.the results showed that animal dance activiting can improve gross motor skills of children. Improvement can
be seen in the results of the study the initial condition gross motor skills of children by 11.11%, after the action o
the first cyce gross motor skills of children increased to 33.3%, in thr second cycle gross motor skill of children
increased to 84.44%. the sudy was stopped in the second cycle because the already meets the criteria of success
indicators.
Keywords: animal dance, gross motoric skill

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.