IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN DI TK NEGERI 2 YOGYAKARTA

rini agustiningsih

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi prinsip-prinsip penilaian dalam
evaluasi pembelajaran di TK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang
dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya
dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Negeri 2 Yogyakarata sudah mengimplementasikan prinsipprinsip
penilaian dalam evaluasi pembelajaran dengan baik. Prinsip-prinsip penilaian dalam evaluasi
pembelajaran di TK Negeri 2 Yogyakarta sudah diimplementasikan guru dengan baik. Faktor pendukung
meliputi guru yang berkompeten, TK Negeri 2 Yogyakarta menjadi TK percontohan, dan kepala sekolah
sebagai tim penyusun kurikulum. Faktor penghambat meliputi banyaknya alat penilaian dan tugas
tambahan guru sebagai penanggungjawab kegiatan ekstrakurikuler.
Kata kunci: prinsip-prinsip penilaian, evaluasi pembelajaran
Abstract
This research aimed to describe the implementation of the principles assessment in evaluation of
learning at State Kindergarten 2 Yogyakarta. The research using a qualitative approach with descriptive research.
Data were obtained through interviews, observation and documentation and were analyzed using the interactive
model. The validity of research results data were re-tested using an extension participation, persistence
observation and triangulation. The results showed that the teachers in State Kindergarten 2 Yogyakarta has
already been implemented the principles of the the evaluation learning with good. The supporting factor include
competent teachers, become a kindergarten pilot and the school principal as a team comprising the
curriculum. The inhibiting factors include assessment tool too much and additional tasks teachers was responsible
for extracurricular activities.
Keywords: principles assesment, evaluation of learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.