PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE PROYEK ANAK KELOMPOK B DI TK AMONG PUTRO BERBAH SLEMAN, YOGYAKARTA

Yulia Frischa Nindita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mengunakan metode proyek pada anak kelompok B di TK Among Putro Berbah Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian siswa kelompok B berjumlah 22 anak terdiri dari 9 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan alat bantu observasi berupa foto dan video. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui metode proyek dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Among Putro Berbah pada Siklus I dan Siklus II terlihat bahwa kemampuan berbicara anak meningkat aspek pengucapan dari 65,65% menjadi 90,90%, ketepatan 52,01% menjadi 78,78% dan aspek kelancaran dari 40,90% menjadi 64,13%. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan berbicara.

 

Kata Kunci: kemampuan berbicara, metode proyek, kelompok B

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.