UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MELALUI KEGIATAN MENYUSUN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI 49 CANDEN JETIS BANTUL

Murini -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian melalui kegiatan menyusun puzzle pada anak Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Pertiwi 49 Canden Jetis Bantul. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok B2 TK Pertiwi 49 Canden yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini apabila 80% dari jumlah anak kelompok B memiliki kemandirian dengan kriteria berkembang sangat baik. Metode untuk mengumpulkan data yaitu observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan menyusun puzzle dapat meningkatkan kemandirian anak setelah dilakukan tindakan yaitu anak diminta untuk menyusun puzzle sendiri dengan pengawasan guru dan pemberian motivasi. Peningkatan tersebut terlihat dari data Siklus I ke Siklus II  menunjukkan bahwa kemandirian anak kriterianya berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 61,11 % atau 11 dari 18 anak, sedangkan Siklus II menunjukkan hasil kriteria berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 88,88% atau 16 dari 18 anak.

 

Kata kunci: kemandirian, anak, puzzle.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.