MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN DETEKTIF PADA ANAK USIA TK ABA

Santi Ambarani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan detektif pada anak usia kelompok A TK ABA Candi Purwobinangun Pakem Sleman. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan cara kolaraboratif yaitu peneliti bekerja sama dengan guru. Subjek penelitian yaitu anak-anak yang berjumlah 20 anak dilakukan di kelompok A2, yang terdiri 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus terdiri dari 3 kali pertemuan untuk satu siklus. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dipandang berhasil jika siswa yang mencapai sekor di atas rerata minimal 75% dari jumlah siswa di kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan dapat ditingkatkan dan permainan detektif dengan langkah-langkah sebagai berikut 1). Anak dikondisikan dengan   berkelompok yang masing-masing terdiri dari   5 anak. 2). Anak diberi penjelasan tentang  permainan  yang  akan  dilakukan  yaitu  permainan  detektif.  3).  Anak  diberi  contoh  cara  melakukan permainan  ini.  4).  Anak  disuruh  mencari  lambang  bilangan  yang  telah  disembunyikan.  5).         Anak  yang mendapatkan lambang bilangan lalu ia mulai mengurutkan sesuai lambang bilangan dan dapat memasangkan sesuai jumlah gambar. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan dapat dilihat dari kondisi  sebelum tindakan sebesar 57,50%,  pada  Siklus  I sebesar 71,66% dengan peningkatan sebesar 14,16% dan pada Siklus II  sebesar

78,75% dengan peningkatan sebesar 21,25%.

 

Kata kunci:  mengenal lambang bilangan, permainan detektif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.