KERJASAMA ANTARA SEKOLAH DAN ORANGTUA SISWA DI TK SE-KELURAHAN TRIHARJO SLEMAN

Nurul Arifiyanti

Abstract



Abstrak
Kerjasama penting dilakukan agar terjadi proses yang berkesinambungan dalam menstimulasi perkembangan
anak baik dari sekolah ke rumah maupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: (1)
Upaya sekolah menjalin kerjasama dengan orangtua siswa; (2) Bentuk kerjasama antara sekolah dengan orangtua
siswa; (3) Hambatan dalam kerjasama; dan (4) Upaya sekolah mengatasi hambatan dalam bekerjasama. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan jenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah lima kepala
sekolah, lima guru, dan 15 orangtua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan
dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu pedoman wawancara
dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data
diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya sekolah menjalin
kerjasama dengan orangtua siswa yaitu dengan menciptakan iklim sekolah nyaman, melakukan komunikasi awal
dengan orangtua, dan menyediakan kesempatan bagi orangtua untuk terlibat; (2) Bentuk kerjasama yang dilakukan
antara lain: parenting, komunikasi, volunteer, keterlibatan orangtua pada pembelajaran anak di rumah, dan
kolaborasi dengan kelompok masyarakat; (3) Faktor penghambat kerjasama meliputi faktor internal (keyakinan
guru, pandangan guru terhadap orangtua, dan kendala dari guru) dan faktor eksternal (pandangan orangtua, tuntutan
hidup, dan sikap orangtua); dan (4) Upaya sekolah mengatasi hambatan dengan melakukan variasi komunikasi dan
menyediakan waktu yang tepat bagi orangtua untuk bisa terlibat dalam kegiatan sekolah.
Kata kunci: kerjasama, sekolah, orangtua
Abstract
Partnership used for continue the child development stimulation either from school to home or viceversa.
The aims of this research were to know about: (1) The school’s partnership effort with parents; (2) The school’s
partnership type with parents; (3) The partnership’s barrier; and (4) The school’s effort to made out the barriers.
This research used qualitativedescription approach. The subjects were five principals, five teachers, and 15
parents. Data collection techniques were by interview and documentation. The researcher was the first instrument
that were helped by interview sheet and documentation sheet. Data which have been collected then analyzed using
the interactive model. The validity of the research used resource triangulation.The result showed that the
partnership between schools and parents in Triharjo Sleman Kindergarten Villages were: (1) Schools tried
partnership with made comfort schools climate, did first communication with parents, and provided chance for
parents involvement; (2) The type of partnership were parenting, communication, volunteer, parents involvement in
home learning activity, and collaboration with the community; (3) Inhibiting factors included internal factors
(teacher’s belief, teacher’s perspective about parents, and teacher’s barrier) and external factors (parents
perspective, life demand, and parents behavior); and (4) The schools faced the barriers with variation of
communication and gave the appropriate time for parents to join the school activities.
Keywords: partnership, schools, parents


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.