PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK

Rohyati Rohyati

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak melalui metode proyek
pada anak kelompok B di TK Tunas Ibu Kalasan. Aspek tanggung jawab yang diteliti meliputi: (1)
menghargai waktu, (2 mengerjakan tugas yang telah diberikan, (3) menjaga barang miliknya, dan (4)
meletakkan barang sesuai dengan tempatnya. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, masingmasing
siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B sejumlah 7
anak yaitu 4 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi
dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan sikap tanggung jawab anak. Sikap tanggung jawab anak meningkat
melalui metode proyek dikarenakan metode proyek mempunyai sintaks pembelajaran yang berbeda
dengan metode pembelajaran yang lain.
Kata kunci: sikap tanggung jawab, metode proyek
Abstract
The objective of this research is to increase children’s responsibility by using project method in
Tunas Ibu Kalasan Kindergarten group B. The responsibility aspects were:(1) children’s valuing of time
(2) children’s working on tasks, (3) children’s keeping their own stuffs, and (4) children’s putting stuffs
in the right place. This research used a collaborative classroom action research method using Kemmis
and Mc Taggart model. This research was implemented in three cycles; each cycle consisted of three
meetings. The subject of this research was group B’s pupils, 7 children consisted of 4 boys and 3 girls.
The data collection technique was observation and documentation. The instrument used observation sheet
and documentation. The data analysis used qualitative and quantitative and descriptive method. The
result show that there is enhancement in Tunas Ibu Kalasan Kindergarten group B’s children’s
responsibility from the three cycles that were done. The children responsibility increas through project
method because project method has the different lesson syntax with other methods.
Keywords: responsibility, project method.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.