PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BERHITUNG UNTUK ANAK KELOMPOK A TK TERUNA BANGSA

Henny Maryati Ambarita

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan satu produk berupa software multimedia pembelajaran interaktif
pada materi berhitung untuk siswa kelompok A TK Teruna Bangsa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya
multimedia interaktif bagi siswa taman kanak-kanak yang didesain menurut prinsip-prinsip pembelajaran,
memperhatikan perbedaan individu, menarik, mudah dipelajari, relevan dengan kebutuhan proses belajar mengajar,
dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dan
dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Tahapan-tahapan dalam
pengembangan multimedia pembelajaran interaktif adalah melakukan penelitian pendahuluan, pembuatan desain,
pengumpulan bahan, pengembangan produk awal, validasi oleh ahli materi dan media, melakukan uji coba satusatu,
uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan kualitas baik
dengan nilai rata-rata 3,2. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa kualitas materi sangat baik dengan
nilai rata-rata 3,7. Hasil uji satu-satu menunjukkan nilai yang baik dengan nilai rata-rata 3,09. Hasil uji coba
kelompok kecil menunjukkan nilai baik dengan nilai rata-rata 3,07. Hasil uji coba lapangan memiliki kualitas
sangat baik dengan nilai rata-rata 3, 29. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa
multimedia pembelajaran interaktif materi berhitung untuk anak kelompok A taman kanak-kanak merupakan
sumber belajar yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, berhitung, TK.
Abstrack
The aim of this research is to produce a product in the form of a software Multimedia of Interactive
Learning in Arithmetic Materials for The Group A of Teruna Bangsa Kindergarten. This research is motivated by
the lack of interactive multimedia for students of kindergarten which is designed according to the principles of
learning, paying attentin to individual differences, attractive, easy to learn, relevant to the needs of the learning
process, and in accordance with the applicable curriculum. This Study is an advanced research that is adapt and
modified from “The Ten Steps of Research and Developement by Borg and Gall”. Steps in the multimedia
development of interactive learning is developing preliminary research, planning, collecting data, developing
initial product, validating by the material experts and the social media experts, performing a one on one test, small
group testing and field testing. The result of the validation by the sicial media experts showed good qualities in an
average rating of 3.2. The results of validation by material experts showed very good qualities in an average rating
of 3.7. The one on one test showed good qualities in an average rating of 3,09. The small group testing showed
good qualities in an average rating of 3,07. The result of the field testing showed very good qualities in an average
rating of 3 29. Based on these review, it can be concluded that multimedia of interactive learning arithmetic
materials for the Group A of Teruna Bangsa Kindergarten is a good and feasible source to be used (implemented)
in learning.
Keywords: development, multimedia of interactive learning, arithmetics, kindergarten.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.