PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK

Nur Anisa Dwi Utami

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran mandiri (belajar melalui tindakan) terhadap minat belajar anak.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ABA Plus Al-Firdaus yang berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan rata-rata skor pretest dan posttest serta menghitung perbedaan rerata dengan uji-t untuk mengetahui apakah hipotesis penelitian yang diajukan diterima atau tidak.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest.Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel. Rata-rata skor pretest 3,37 dan rata-rata skor posttest 5,85. Hal ini membuktikan bahwa minat belajar anak kelompok B setelah diberi treatment berupa belajar melalui tindakan lebih baik dibandingkan dengan kondisi awal. Kata kunci :strategi belajar, belajar melalui tindakan, minat belajar Abstract This study is aimed to find out effect of independent learning strategies to children's interest learning. This study is on experimental research with one group pretest-posttest design. The subjects were children in group B in TK ABA Plus Al-Firdaus, amounting to 11 children. Observation and documentation are used to collect data, the data analysis technique used are the comparation of average score on pretest and posttest, and the mean difference calculate by t-test to determine whether the proposed research hypothesis is accepted or not. The results show that there is a difference between pretest and posttest score at 5% significance level, wich is the t value > t table. Average pretestscore is 3,37 and average posttest score is 5,85. This proves that children’s interest learning in group B after given treatment isbetter than the initial condition. Keywords: learning strategy, learning by doing, interest learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.