HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBIMBING ORANGTUA DALAM BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 - 20 ANAK KELOMPOK B BERDASARKAN LATAR BELAKANG PEKERJAAN ORANGTUA

Reza Edwin Sulistyaningtyas

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan membimbing orangtua dengan
kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 anak kelompok B berdasarkan latar belakang pekerjaan
orangtua diTK Gugus II Kecamatan Piyungan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian adalah 60 anak dan 60 orangtua dengan
6 jenis pekerjaan yaitu buruh, karyawan swasta, pedagang, petani, PNS, dan wirausaha. Analisis data
korelasi kemampuan membimbing orangtua dalam belajardengan kemampuan mengenal lambang
bilangan anak kelompok B berdasarkan latar belakang pekerjaan orangtua adalah Korelasi Product
Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kemampuan membimbing orangtua
dengan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 anak kelompok B berdasarkan latar belakang
pekerjaan orangtua dengan koefisien korelasi berada pada interval 0.6 – 0.8 yang berarti hubungan cukup
dan 0.8-1.0 yang berarti hubungan tinggi.Korelasi tertinggi ditunjukkan padapetani (0.880), diikuti
wirausaha (0,858), karyawan swasta (0.844), buruh (0.821), pedagang (0.752), dan PNS (0.683).Dengan
demikian apapun pekerjaan orangtua harus membimbing anak mengenal lambang bilangan.
Kata kunci: orangtua, membimbing, lambang bilangan, anak kelompok B
Abstract
This research aims at to knowing the correlationship between the abilityof parents to guide
towardsthe recognition number of 1-20of childrengroup Bbased on parent professionof kindergarten
Cluster II in district Piyungan. This researchused a quantitative approach with the correlation method.
The subjects were 60 children and 60 parents with 6 types of professions such aslabors, private workers,
vendors, farmers, civil servants, and Entrepreneurs. Data analysis useda Product Moment Correlation.
The results show that there is a correlation between the guidanceability of parents towardsrecognition on
number of 1-20 children of group B based on parent profession with coefficient correlation of 0.6-
0.8which means aenough correlation and 0.8-1.0 which means a high correlation. The highest
correlation is shown in farmers (0.880), followed byentrepreneurs (0.858), private workers (0.844), labor
(0.821), vendor (0.752),and civil servants (0.789). Thus, anything profession parent must to guidance
their children to recognition on number.
Keywords: profession, parents, guidance, numbers, children of group B, kindergarten


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.