UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MEDIA POSTER DI TK ABA WONOTINGAL PONCOSARI SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA

Muhammad Sunaryanto

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun dengan media
poster pada anak kelompok B di TK ABA Wonotingal, Kelurahan Poncosari, Kecamatan, Srandakan, Kabupaten
Bantul. Kemampuan berbicara tersebut meliputi struktur kalimat, kosakata dan artikulasi. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan kolaboratif dengan guru dan menggunakan model Kemmis dan Mc
Taggart. Subjek penelitian ini adalah 15 anak kelompok B TK ABA Wonotingal. Objek penelitian dalam
penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berbicara melalui media poster. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi dengan instrumen lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif, kualitatif dan
kuantitatif. Indikator keberhasilan pada kemampuan berbicara adalah 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
mediaposter dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak setelah dilakukan tindakan. Hasil penelitian ini yaitu
pada pratindakan 23,7%. Setelah dilakukan tindakan Siklus I terjadi peningkatan yaitu 46,7%. Karena Siklus I
belum tercapai indikator yang diharapkan Selanjutnya diadakan Siklus II dengan hasil yang dicapai yaitu 75,56%
yang telah sesuai dengan indikator yang telah ditentukan yaitu 75%. Langkah-langkah dalam pembelajaran media
poster yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak adalah poster ditempelkan di papan tulis kemudian
guru mengenalkan media poster dan memberikan penjelasan apa yang ada di dalam gambar poster tersebut
sehingga anak memahami isi di dalam poster. Kemudianguru mengajak anak bertanya jawab satu persatu mengenai
maksud dari poster tersebut. Dengan demikian menggunakan media gambar poster dapat meningkatkan
kemampuan berbicara anak.
Kata kunci: kemampuan berbicara, media poster, anak usia 5-6 tahun.
Abstract
This study aims to improve the ability of speaking children age 5-6 years with media imeges of posters on
childrens group B in kindergarten wonotingal, ABA Poncosari, Srandakan village, Bantul regency. This includes
talking capabilities of sentences vocabularies and articulation. This research is a research class actions undertaken
collaboratively with teachers and use model Kemmis and MC Taggrat. The subject of this research was group B
ABA Wonotingal kindergarten. The object of the research in this study is the improvement of the ability to speak
through observation on observation sheet with the instrument data analysis techniques done in descriptive
qualitative and quantitative indicators of success on the ability to talk is 75%. The research results showed that the
media image of the poster can increase the ability to talk with children do the action. The results of this research in
pre-action is 23,7%. After did the first action, increasing of ability is 46,7%. Because the cycle 1 have not achieved
the expectation of indicators. Next held cycle 2 with the results achievement of 75,56% wich were in accordance
with the media image of poster that can improve the ability of speech children are poster tackled on board than the
teacher introduced the media image of poster and giving an explanation of what is in the picture. So that the
children understand the contents in the poster. Than the teacher invites children to ask and answer one by one about
the intent of the poster. So, using the media image of poster can improve the ability to talk.
Keywords: The ability to talk, poster media, children 5-6 years old.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.