PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT MOZAIK MENGGUNAKAN BERBAGAI BAHAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AMONG PUTRO KECAMATAN BERBAH, SLEMAN

Dyah Kartikawati

Abstract



Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membuat mozaik menggunakan berbagai bahan pada anak kelompok B di TK Among Putro Kecamatan Berbah, Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan alat bantu observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar skoring pasca observasi dan alat bantu observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mengganti media potongan-potongan kertas dengan biji-bijian yang meliputi biji jagung, kedelai, kacang hijau, dan kwaci agar lebih mudah, (2) Guru menjelaskan teknik membuat mozaik lebih diperjelas dengan mendemonstrasikan sampai selesai, (3) Guru memperlihatkan contoh hasil karya yang sudah jadi sehingga anak paham, dan (4) Guru mendampingi dan memotivasi anak.
Kata kunci: keterampilan, membuat mozaik, anak kelompok B.
Abstract
The purpose of this study was to improve the skills of making mosaic using a variety of materials for children in group B of TK Among Putro Berbah Dictricts, Sleman. This type of research is a collaborative action research classroom. Subjects in this research were kindergarten group B. Collecting data in this study using the method of observation and observation tools. Instrumen of research using observation sheet and observation tools. Data analysis in this research using descriptive analysis techniques of qualitative and quantitative. The success is done with the following steps: (1) Researchers replace the media scraps of paper with graisn which corn, soybeans, green beans, and sunflower seeds to make it easier, (2) Teacher explains techniques to create mosaics by demonstrating until finish, (3) Teacher shows an example of the work that is so that the child understands, and (4) Teacher assisting and motivating children.
Keywords: skills, making mosaic, children in group B.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.