PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 SEBAGAI LAMBANG BANYAKNYA BENDA MELALUI MEDIA BENDA ALAM PADA ANAK KELOMPOK “A” TK AL-HUSNA YOGYAKARTA

Sri Rejeki Sri Rejeki

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 sebagai lambang banyaknya
benda melalui media benda alam. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek
penelitian ini adalah 23 anak Kelompok A TK Al-Husna Yogyakarta, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 14
perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dengan mempergunakan media
benda alam yang dianggap menarik dan bentuknya bervariasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi kemampuan berhitung dan menulis angka di udara, tes lisan kemampuan mengenal angka dan tes tertulis
kemampuan menebalkan angka dan menulis angka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan PTK dari keseluruhan jumlah nilai anak
memperoleh nilai rata-rata ≥7,0 (skala 0-10) sehingga dapat dikatakan baik. Hasil penelitian menujukkan pada
Pratindakan kemampuan anak mengenal angka adalah 5,94 termasuk dalam kriteria kurang. Pada Siklus I nilai rataratanya
meningkat menjadi 6,42 termasuk dalam kriteria cukup. Pada Siklus II rerata nilai anak meningkat menjadi
7,02 termasuk dalam kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain sambil belajar dengan
menggunakan media benda-benda alam lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka sebagai
lambang banyaknya benda pada anak TK.
Kata kunci: kemampuan mengenal angka, benda-benda alam
Abstract
The aim this research is to increase the ability of the children to understand numbers from one to ten that
represent thenumbers of things was trough the use of real object attractive and interesting to childrent. The type
of research was a collaborative classroom action research conducted in 2 cycles using Kemmis and Mc Taggart
model. The subjects were 23 children Group A TK Al-Husna Yogyakarta,consisted of 9 boy and 14 girls. The
object was theability of children to understand numbers 1-10 as symbols the quantity of things. Data collection
techniques used observation, oral test, and a written test. The ability to understand numbers was indicated by the
ability to say the numbers, the ability to write the numbers the air, the ability to thicken numbers, and the ability to
write the numbers. Data analysis technique used descriptive analysis. The results show the child's ability to
recognize numbers before the action is 5.94 (in 10 scale). In the cycle I the average number understading is 6.42
(in the criteria). In the cycle II the average number understanding increases to 7.02 (good criteria). Thus natural
objects media effectively improve the ability to understand figures as a symbol of the many objects on kindergarten
children.
Keywords: ability to know of numbers, natural objects


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.