PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI BERNYANYI DAN BERCERITA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK TK ABA SEROPAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA

Anti Isnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bernyanyi dan bercerita terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak TK ABA Seropan Dlingo Bantul Yogyakrta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan kosakata Bahasa Indonesia Anak TK ABA Seropan Dlingo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain the statis group pretest-postest design. Metode yang digunakan adalah  pretest, treatment, dan postest. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelompok A dan 20 Siswa Kelompok B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa data pretestt antara kelas bernyanyi dan kelas bercerita tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Setelah dilakukan treatment dan hasil analisis postest antara kelas bernyanyi dan bercerita memiliki perbedaan yang signifikan dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji hipotesis sebesar 0,006 lebih kecil dari 0,05 dengan rincian rerata kelas benyanyi sebesar 21 dan bercerita 15,5. Kedua metode pembelajaran bahasa melalui bernyanyi dan bercerita  saling memberikan pengaruh terhadap penguasaan kosakata Bahasa Indonesia, namun metode bernyanyi mempunyai pengaruh yang lebih efektif, yakni 19%  lebih tinggi dari metode bercerita.

 

Kata kunci: metode pembelajaran bernyanyi, bercerita, penguasaaan kosakata Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.