PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN KOTAK MATEMATIKA KELOMPOK A1 DI TK ABA MARGOMULYO III

Anik Kurniandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan kotak matematika pada anak kelompok A di TK ABA Margomulyo III kecamatan Seyegan. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 16 anak  kelompok A1 di TK ABA Margomulyo III. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kotak matematika. Kemampuan dalam mengenal konsep bilangan ini dilihat dari kemampuan membilang, menyebut, menunjuk, dan mengelompokkan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A1 di TK ABA Margomulyo III Seyegan. Pada Siklus I kriteria belum berkembang sudah tidak ada, kriteria mulai berkembang 16,67%, kriteria berkembang sesuai harapan 52,08%, dan kriteria berkembang sangat baik 29,17%. Pada Siklus II kriteria belum berkembang sudah tidak ada, kriteria mulai berkembang sudah tidak ada, kriteria berkembang sesuai harapan menjadi 18,75%, dan kriteri berkembang sangat baik menjadi 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan dapat ditingkatkan dengan kotak matematika.

 

Kata kunci: konsep bilangan, kotak matematika, kelompok A1


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.